Tuesday 22 November 2016

Diabetes


Diabetes
Diabetes


Pengertian Diabetes


Diabetes (diabetes melitus) adalah penyakit kronis atau jangka panjang yang ditandai dengan kadar glukosa ( gula darah ) yang tidak normal.
Glukosa sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh. Karena glukosa merupakan sumber energi bagi sel sel tubuh dan bahan bakar otak manusia.
Ketika kadar glukosa dalam tubuh jauh di atas normal, maka kesehatan tubuh kita akan terancam dengan penyakit Diabetes.
Diabetes ( diabetes millitus ) mempunyai 2 tipe : tipe 1 dan tipe 2.
Di indonesia pada tahun 2015 Diabetes mencapai 10 juta kebanyakan dari mereka usia 20 - 79. Dikutip dari International Diabetes Federation (IDF).

Gejala-gejala diabetes


Gejala Diabetes berbeda-beda tergantung berapa banyak kadar glukosa (gula darah) meningkat. Gejala Diabetes tipe 1 bekerja dengan cepat sedangkan gejala Diabetes tipe 2 bekerja perlahan-lahan,  sampai Anda pun tidak merasakan adanya penyakit tersebut.
Mengetahui gejala-gejala Diabetes sangat penting sekali, dengan mengetahuinya kita dapat berjaga-jaga ataupun bisa langsung mengobatinya.

Berikut kami berikan cuplikan gejala-gejala diabetes tipe 1 dan 2 :

  • Sering buang air
  • Sering haus dahaga
  • Berkurang berat badan tanpa sebab yang yang jelas
  • Lelah
  • Penglihatan tidak jelas
  • Gampang emosi
  • Penyembuhan luka lambat
  • Sering mengalami infeksi seperti : infeksi kulit, vagina, gusi.
  • Adanya keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak akibat tidak cukupnya insulin


Penyebab diabetes


Semua sel dalam tubuh manusia membutuhkan glukosa supaya bisa bekerja dengan normal. Kadar glukosa  dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, yaitu organ yang terletak di belakang perut.

Namun organ pankreas penderita diabetes tidak cukup memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa adanya insulin, sel-sel dalam tubuh tidak akan bisa menyerap dan mengolah glukosa menjadi sebuah energi.

Penyebab diabetes tipe 1


Penyebab diabetes tipe 1 secara akurat belum diketahui. Namun para peneliti memberikan kesimpulan bahwa sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas penghasil insulin. Hal ini membuat  insulin dalam tubuh sedikit berkurang atau bahkan tidak ada. Di karenakan insulin bermasalah maka sel-sel dalam tubuh tidak akan bisa menyerap glukosa atau mengolah menjadi energi, yang ada glukosa menumpuk dalam darah.

Penyebab diabetes tipe 2


Pradiabetes dapat menyebabkan diabetes tipe 2.
Pada diabetes tipe 2 sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap insulin, dan pankreas tidak dapat memproduksi insulin yang cukup untuk mengatasi resistensi ini.
Penyebab diabetes tipe 2 belum di ketahui dengan pasti, meskipun di klaim bahwa faktor genetik dan lingkungan berperan dalam perkembangan diabetes tipe 2. Umumnya penderita diabetes 2 berhubungan dengan kelebihan berat badan, tetapi dalam kenyataannya tidak semua penderita diabetes tipe 2 kelebihan berat badan.

Artikel Terkait

Comments
0 Comments